-->

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Beserta Arti Minal Aidin Wal Faizin

Arti Minal Aidin Wal Faizin

Minal Aidin Wal Faizin merupakan ucapan idul fitri yang sering kita dengar dalam merayakan idul fitri namun pernahkan anda tahu arti dari kata tersebut yaitu memiliki arti mohon maaf lahir dan batin.

Ucapan tersebut justru salah, Ketua Pengurus Ranting NU Pacarpeluk, Kab. Jombang menilai bahwa ucapan " minal aidin wal faizin" tersebut tidak tepat karena artinya bukan mohon maaf lahir dan batin.

Bahasa Arab " Minal Aidin Wal Faizin " memiliki sebuah makna mohon maaf lahir dan batin.

Arti dari kalimat Minal Aidin Wal Faizin adalah " termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang.

Dalam penggunaan kalimat tersebut adalah sebagai sebuah ucapan hari raya idul fitri yang kurang tepat dalam susunanya yang tidak sempurna.

beberapa orang menilai bahwa kalimat Minal Aidin Wal Faizin merupakan sebuah doa yang diartikan " Semoga termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang". Namun, merujuk pada artikel diatas, hal itu tidaklah tepat.

Ucapa idul fitri yang benar merupakan " Taqabbalallahu minnaa wa minkum " yang memiliki arti " Semoga Allah menerima amal ibadah ramadhan kami dan anda".

Ucapa idul fitri tersebut merupakan sebuah ucapan yang telah digunakan oleh sahabat Rasulullah pada saat lebaran idul fitri tiba.

Hal tersebut merujuk pada sebuah Kitab Fathul Bari karya dari Al-Hafidh Ibnu Hajar al-Asqalani.

"Telah sampai kepada kami riwayat dengan sanad yang hasan dari Jubai bin Nufair, ia berkata: "Jika Para sahabat Rasulullah saling bertemu di hari raya, sebagiannya mengucapkan kepada sebagian lainnya: "Taqabbalallahu minnaa wa minkum."" (Fathul Bari, juz II, halaman 446).

Dengan demikian ucapan Minal Aidzin Wal Faizin sudah hal biasa dan mengucapkan ucapan idul fitri untuk umat muslia dan sudah menjadi tradisi tersendiri.

Ketua Pengurus NU Pacarpeluk, Jombang, itu menyerahkan kembali kepada masyarakat tetapi dengan meluruskan bahwa arti yang sebenarnya dari kalimat "minnal aaidiin wal faaiziin" bukanlah mohon maaf lahir dan batin.

Informasi diatas saya dapatkan dan menjadikan referensi saya dalam menulis artikel diatas dari website ayobandung.com, dengan judul Arti Minal Aidin Wal Faizin dan Ucapan Selamat Idulfitri yang Benar.
LihatTutupKomentar